Tim Panitia Khusus Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Koordinasi ke BPOM

Tim Panitia Khusus Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan DPRD Provinsi yang diketuai oleh H. Syamsirwan, S.Sos, SH, MM berkoordinasi ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ) Pusat (07/09/17). Kunjungan dimaksud terkait Raperda tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan. Kegiatan ini juga melibatkan BPOM Bangka Belitung, Dinas Pangan Provinsi dan Biro Hukum Setda Provinsi.
BPOM Pusat yang diwakili Kabag. Perundang – undangan sangat mengapresiasi Pimpinan DPRD yang mendampingi langsung Tim Pansus mengingat pentingnya penjaminan kualitas pangan konsumsi masyarakat melalui pengaturan mutu dan keamanan pangan.
Beberapa hal disampaikan pejabat BPOM diantaranya Raperda yang dibuat harus mengacu pada Peraturan Perundang – undangan bidang keamanan pangan yaitu UU No. 18/2012 tentang Pangan, UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU No. 36/2009 tentang Kesehatan.
Pada hari Jumat (08/09/17), Tim Pansus DPRD melakukan kunjungan kerja lanjutan ke Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI di Jakarta. Kesempatan ini digunakan oleh Pansus untuk mendapatkan informasi dan masukan serta saran yang akan digunakan dalam pengayaan substansi materi pokok dan teknis penyusunan raperda tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan khususnya pangan segar hasil pertanian. Badan Ketahanan Pangan Kementan sangat menyambut baik sedang dibahasnya Rancangan Peraturan Daerah ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan mendorong untuk segera disahkan menjadi Peraturan Daerah sebagai tindak lanjut amanat Undang - Undang tentang Pangan.
Badan Ketahanan Pangan memberikan beberapa masukan kepada Pansus hendaknya dalam implementasi peraturan daerah ini nantinya diiringi dengan penguatan SDM aparatur pada OKKPD ( Otoritas Kompeten Kemanan Pangan Daerah ) teknis pangan serta penguatan standarisasi pangan segar yang beredar di masyarakat. Dibekali dengan berbagai saran dan masukan serta berbagai catatan yang telah diperoleh dari Kunjugan ke BPOM dan Badan Ketahanan Pangan ini, Panitia Khusus Raperda ini akan menindaklanjutinya dengan melakukan rapat internal bersama mitra terkait di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar nantinya diperoleh Peraturan Daerah yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung khususnya terkait keamanan pangan.(Utari Marisa/Pranata Humas DPRD Babel)
 

Alamat Kantor : Komplek Perkantoran & Pemukiman Terpadu Pangkalpinang  - Indonesia

Telp : (0717) 433544, 433540, 433541, 433542

e-mail Informasi dan Pengaduan: humas@dprd-babelprov.go.id cc humas.dprdbabelprov@gmail.com