Anggota DPRD Dapil Bangka Tengah Terima Keluhan Orang Tua dan Siswa

26

January 2020

Anggota DPRD Dapil Bangka Tengah Terima Keluhan Orang Tua dan Siswa

Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Dapil Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Rabu (22/1) melakukan reses di SMKN 2 Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Adet Mastur (PDIP), Muhammad Yunus (PPP), Fitra Wijaya (Golkar), dan Mulyadi (Nasdem).

Adet Mastur yang juga Ketua Komisi II DPRD Babel, mengajak semua siswa-siswi SMKN 2 Koba untuk dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

"Anak-anak sekalian, jangan pernah bosan untuk belajar, meskipun sekolah kejuruan dipersiapkan untuk bekerja dan menjadi pengusaha, namun terus kejar pendidikan kalian, minimal sampai jenjang D3," ujar Adet, Rabu (22/1) dihadapan para pelajar.

Dan untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi, ia mengatakan perlu mempersiapkan beberapa hal, sepertj jangan dulu pacaran, siapkan mental, jauhi narkoba, dan yang terakhir adalah selalu bentengi diri dengan agama.

Orang Tua Murid, Prasetyo mengeluhkan soal kurangnya pelajaran sejarah bangsa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan negara ini, yang mana imbasnya adalah kurangnya rasa nasionalisme para pelajar dan anak-anak muda.

"Saya jujur sedih pak, rasa nasionalisme anak-anak kita mulai tergerus, pengetahuan mereka akan kemerdekaan dan pahlawan bangsa mulai hilang, tolong sampaikan ke Dinas Pendidikan untuk memperbanyak pelajaran sejarah bangsa kita," ujar Prasetyo.

Menyikapi hal tersebut Adet mengakui jika anak zaman sekarang kurang memahami sejarah negara, oleh karena itulah ia mengatakan sudah beberapa kali melakukan rapat dengan Dinas Pendidikan untuk memperbarui kurikulum pelajaran di sekolah.

"Karena anak-anak kita ini tidak paham tentang sejarah, pahlawan-pahlawan mereka tidak tahu lagi, karena itu di pusat sedang menggali usulan kami agar Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila betul-betul dipulihkan," jelas Adet.

Selanjutnya satu diantara Siswi berprestasi di Babel Wika dari kelas 12 menanyakan tentang beasiswa apa saja yang disiapkan oleh pemerintah untuk pelajar yang berprestasi, dan bagaimana jika ada siswa yang kurang mampu dan belum memiliki prestasi di bidang akademik, namun memiliki keinginan kuat untuk kuliah.

Menanggapi pertanyaan tersebut Adet menjelaskan jika pemerintah Babel sudah menyiapkan tiga kategori beasiswa, pertama untuk pelajar yang berpreatasi, kedua memiliki prestasi di bidang khusus, seperti seorang atlit atau penghafal Al Quran, dan yang terakhir beasiswa untuk pelajar yang tidak mampu.

"Tetapi kalau pelajar tersebut anak orang kaya, anak pejabat, masa mau ngambil jatah orang yang ga mampu. Jadi lihat di tiga kategori tersebut, kalau misalkan dia tidak mampu maka akan dibiayai, akan diberikan beasisiwa, jadi anak-anak sekolah lah yang tinggi," pungkas Adet.

Sementara itu, Anggota DPRD Babel Algafry Rahman menggelar kegiatan reses di Desa Namang, Jum'at (24/1), yang dihadiri oleh puluhan warga serta tokoh masyarakat setempat.

Algafry menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga Namang atas dukungannya dalam Pileg 2019 yang lalu. Untuk itu, reses ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi warga dengan wakil rakyat pilihannya di parlemen.

"Yang terpenting dari reses ini adalah silaturahmi dengan masyarakat. Mudah-mudahan pertemuan kita mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa," ujar Algafry, Jumat (24/1) dihadapan masyarakat.

Warga menyampaikan berbagai masukan dan keluhan, diantaranya memohon harga karet diperjuangkan karena masyarakat menjerit di tengah jatuhnya harga karet saat ini.

Selain itu, keluhan terkait beratnya iuaran BPJS juga datang dari warga, serta permasalahan fasilitas jalan yang kerap membahayakan pengguna jalan dan warga sekitar.

Menanggapi keluhan warga, ia meminta petugas kecamatan untuk teliti mendata warga yang akan mendapatkan bantuan BPJS. Dan ia menjelaskan jika Pemkab Bateng sudah menambah kuota anggaran di tahun 2020.

"Pemkab Bateng sudah menambah kuota anggaran 2020, tolong dikoordinasikan dan masyarakat dibantu," ujarnya kepada petugas kecamatan yang juga hadir pada saat itu.

"Dan untuk jalan, usulannya akan kami catat untuk dibahas sebelum diparipurnakan," tambahnya

Algafry berterimakasih atas semua saran dan masukan dari warga Namang, dan ia mengajak masyarakat berdoa bersama agar masyarakat selalu diberikan kebaikan.

"Saya selalu mendoakan yang terbaik untuk Namang, semoga juga harga komoditas dapat naik, keluarga bisa sejahtera," pungkasnya.

© 2018 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. All Rights Reserved.