Rapat Banmus Perubahan Jadwal Fokuskan Kegiatan Komisi

14

November 2018

Rapat Banmus Perubahan Jadwal Fokuskan Kegiatan Komisi

PANGKALPINANG - DPRD Babel menggelar Rapat Badan Musyawarah untuk perubahan jadwal bulan November, Rabu (14/11). Beberapa agenda perubahan difokuskan pada kegiatan setiap komisi sesuai dengan bidang kerja mereka bersama mitra terkait. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada hari Senin, 26 November 2018 mendatang, usai perayaan HUT Provinsi Kep. Bangka Belitung yang berlangsung pada tanggal 21 November.

Ketua DPRD, Didit Srigusjaya pada rapat tersebut menginstruksikan Komisi I untuk fokus membahas penurunan passing grade untuk tingkat provinsi dan kabupaten pada seleksi CPNS lalu. Hal ini dikarenakan banyaknya peserta seleksi yang tidak lulus semua bidang di Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), namun nilai totalnya bagus. Selain itu juga ada permasalahan batas wilayah antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

"Saya dengar wacana penurunan passing grade dari media, nanti tolong Komisi I koordinasi dengan Biro Pemerintahan dan BKPSDMD. kemudian masalah batas wilayah Bateng dan Basel ini jika bisa langsung carikan solusinya," ujar Didit.

Untuk Komisi II, kegiatan difokuskan mencari solusi terkait kelangkaan gas elpiji dan harga sawit. Masalah ini didapat dari banyaknya masyarakat yang mengeluh kepada para wakil rakyat saat mereka melakukan kunjungan reses di masing-masing Dapil.

Terkait sawit sendiri, Anggota DPRD dari Bangka Selatan, Toni Mukti mendapatkan info bahwa ada pengusaha sawit di Belitung yang bersedia membeli sawit dari Bangka. Hal ini bisa memudahkan petani sawit di Bangka Selatan, mengingat jarak mereka ke Belitung lebih dekat daripada ke Palembang seperti yang sudah diwacanakan sebelumnya. Atas saran ini, ketua DPRD menyambut baik, untuk itu ia menugaskan Komisi II untuk koordinasi dengan beberapa pihak seperti tim sawit dan ekspedisi di hari tersebut.

Komisi III akan melakukan rapat dengar pendapat dengan mitra untuk membahas kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di kalangan masyarakat. Selain itu, permasalahan bantuan dana 2,6 M untuk pembangunan jembatan penghubung antara Basel dengan Pulau Pongok pun harus diselesaikan.

Untuk Komisi IV, kegiatan mereka difokuskan meninjau persiapan Ujian Nasional, Porprov dan Suntik Rubella. Kabarnya, persiapan UN menemui kendala karena kurangnya jumlah komputer di beberapa sekolah. Hal ini perlu dikoordinasi dengan Dinas Pendidikan bagaimana kira-kira mendapati solusi yang tepat. Untuk Kegiatan Porprov akhir bulan ini, Ketua DPRD mendapati info beberapa sekolah yang digunakan sebagai venue di ajang tersebut membebankan sumbangan dari para wali murid untuk membeli beberapa fasilitas penunjang acara.

"Saya dengar dari reses ada wali murid yang dibebankan sumbangan untuk membeli beberapa fasilitas seperti kipas angin, dll, setelah selesai, fasilitas ini akan menjadi milik sekolah. Ini masih saya telusuri, sambil nanti komisi IV mengkoordinasikan ini dengan KONI." lanjut Didit.

© 2018 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. All Rights Reserved.