DPRD Belitung Kunjungi DPRD Babel

02

August 2018

DPRD Belitung Kunjungi DPRD Babel

DPRD Kab. Belitung Kunjungi DPRD Babel
Bahas Kewenangan Perizinan Pertambangan

Pangkalpinang – Anggota Komisi I DPRD Kab. Belitung yang dipimpin oleh Wakil Ketua I, Budi Prastiyo, kunjungi DPRD Babel terkait koordinasi kewenangan perizinan sektor tambang di wilayah Belitung, Kamis (2/8). Menerima rombongan, Ketua DPRD Babel, Didit Sri Gusjaya serta turut hadir Kabiro Hukum dan Perwakilan PTSP Babel.

Membuka pertemuan, Didit menyampaikan kebanggaannya terhadap institusi yang ia ketuai karena kerap menjadi acuan bagi DPRD daerah lain untuk belajar terkait fungsi pengawasan yang dimiliki oleh DPRD.

Ketua Komisi I DPRD Kab. Belitung Samsudin mengutarakan ada beberapa permasalahan yang dibawa oleh DPRD Belitung ke Provinsi kali ini. DPRD Belitung menyoroti wilayah tambang yang dinilai masih beroperasi kendati wilayah tersebut menurut RTRW bebas dari wilayah tambang. Selain itu, pihaknya berharap, Provinsi dapat mengevaluasi seluruh izin pertambangan di Belitung yang beroperasi di wilayah industri.

“Yang kami sesali adalah setelah RTRW masih adanya perpanjangan perizinan tambang kaolin di wilayah Tj. Pandan. Sekiranya DPRD Babel dapat menyikapi hal ini.” Ujar Samsudin.

Di kesempatan yang sama, Angota DPRD Belitung, Rudi Hartono, mengharapkan pihak provinsi dalam memberikan izin dapat sama-sama menjalankan Permen PU no 10 tahun 2010 bersama DPRD Belitung terkait penggunaan jalan provinsi dan kabupaten yang dilalui oleh hasil produksi tambang atau perkebunan.

“ Di situ diatur kapan harus dilalui, berapa tonasi yang harus melalui jalan tersebut. Kiranya ada aturan yang mengatur setiap perusahaan tersebut dapat berkontribusi dalam pemeliharan jalan, jangan sampai APBD kita terseret untuk pemeliharaan jalan setiap tahun, tapi yang menggunakan jalan sebagaian besar adalah perusahaan.” Jelasnya.

Menanggapi permasalahan yang dibawa oleh DPRD Belitung, Didit menilai DPRD Kabupaten dapat berkoordinasi dengan Bupati. Hal ini terkait dengan perpanjangan perizinan domainnya adalah bupati.

“Tapi kami akan mempertanyakan juga detail rekomendasi perpanjangan untuk perusahaan ini, jika ada yang salah, maka kita akan bertindak tegas, karena saya orang yang paling semangat menolak operasional tambang di wilayah Belitung.” Tegas Didit.

Terkait jalan, dalam waktu dekat, DPRD Babel akan membuat Raperda Inisiatif agar perusahaan dapat berkontribusi dalam pemeliharaan fasilitas daerah, termasuk jalan dan fasilitas umum lainnya.

“Untuk hal ini saya perintahkan Bapemperda mengkaji masalah ini, jika fix, tidak ada kendala, kita akan segera membahas Raperda tersebut.” Jelas Didit kemudian.

Didit juga akan segera memanggil pimpinan seluruh komisi guna berkoordinasi kembali dengan pihak eksekutif untuk segera turun ke lapangan meninjau berbagai permasalahan yang dibawa oleh DPRD Belitung ini. Hal ini tentu berdampak kepada terciptanya hubungan yang harmonis antara DPRD Provinsi dan Kabupaten jika bisa sama-sama bisa sejalan dalam menjalankan fungsi DPRD demi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Budi Setyo - Humas

© 2018 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. All Rights Reserved.