Karyawan PKWT Giant Dipecat Sepihak

07

August 2018

Karyawan PKWT Giant Dipecat Sepihak

* DPRD Babel Janji Bawa Aspirasi ke Kemenaker RI*

PANGKALPINANG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mengawal aspirasi karyawan PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) Supermarket Giant Ekstra, Bangka Tengah, yang di-PHK (Putus Hubungan Kerja) sepihak oleh manajemen perusahaan.

Bahkan 'Wakil Rakyat' akan membawa aspirasi karyawan tersebut hingga ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI. Hal ini disampaikan langsung Ketua DPRD Provinsi Babel, Didit Srigusjaya dihadapan 28 karyawan PKWT Giant yang di-PHK sepihak oleh manajemen di Ruang Banmus DPRD Provinsi Babel, Selasa (31/7).

Dalam pertemuan Didit, sapaan akrab Didit Srigusjaya didampingi anggota DPRD Babel dari Komisi IV, diantaranya Ketua HK Djunaidi, Wakil Ketua Tanwin, Anggota Marsidi Satar dan Rina Maulana Ali.

" Kita minta kementerian tenaga kerja menjembatani untuk memanggil pihak yang mempunyai perusahaan ini di Jakarta, sehingga apa yang menjadi masalah karyawan-karyawan Giant di Bangka Belitung ini bisa di selesaikan dengan baik," ujar Didit.

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, berkaca pada aturan perundang-undangan yang berlaku langkah yang diambil manajemen Giant salah.

" Apa yang perusahaan lakukan sudah salah. Artinya, di satu sisi menariknya adalah mereka memecat adik-adik/karyawan ini, namun mengganti yang baru dengan alasan mereka tidak mempunyai kemampuan untuk menjadi karyawan tetap," tandasnya.

Agar permasalahan serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari. Didit pun mengingatkan pengawas ketenagakerjaan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

" Sehingga permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti ini. Insyaallah bisa kita tangani sedini mungkin. Pengawasan itu kan adanya di dinas tenaga kerja. Masalah anggaran kita akan back UPS lah, yang penting untuk hasil ketenagakerjaan untuk Bangka Belitung," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain 28 karyawan PKWT yang di PHK, pertemuan juga dihadiri perwakilan manajemen Giant, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Babel Ceppy Nugraha, Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Babel, Darusman Aswan. Kesemuanya dihadirkan oleh DPRD Babel untuk diminta keterangan. (Budi Setyo-Pranata Humas)

© 2018 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. All Rights Reserved.