Lindungi Hak Pekerja, BAPEMPERDA mulai bekerja

07

August 2018

Lindungi Hak Pekerja, BAPEMPERDA mulai bekerja

Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Provinsi Kepuauan Bangka Belitung menjalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) dalam penyusunan naskah akademik Peraturan Daerah Inisiatif DPRD tentang Ketenagakerjaan.

Ketua Bapemperda, Ferdiyansyah menjelaskan tujuan DPRD mengusulkan Raperda tentang Ketenagakerjaan ditujukan untuk melindungi tenaga kerja dan juga untuk menjaga iklim investasi tetap baik di Bangka Belitung. Menurutnya Babel harus mem buka seluas-luasnya kesempatan usaha baik bagi penanaman modal. Pasalnya, bila masyarakat yang memiliki uang hanya mendeposito kan dananya di bank, maka tak akan ber dampak apa-apa bagi masyarakat.

Namun, bila Pemprov Babel mempermudah dunia usaha, seperti adanya sistem informasi berbasis digital yang terintegrasi untuk memudahkan investor menanamkan modalnya, maka akan semakin bisa menyerap banyak tenaga kerja. Tentunya disertai dengan upah yang memadai.

"Saat bersamaan pekerja untung, pengusaha juga diuntungkan," katanya.

Sementara itu Anggota Bapemperda, Antonius menekankan agar Raperda ini penting untuk mengakomodir semua kepentingan antara pekerja dan pelaku usaha sehingga regulasi yang dibuat agar tidak menguntungkan satu pihak saja.

“permasalahan seperti kesejahteraan pekerja yang belum optimal, pengusaha yang sewenang-wenang kepada pekerja, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas belum optimal penting untuk dimasukkan di draf raperda, akan tetapi jangan pula dilupakan regulasinya pun harus tetap membuat pelaku usaha untuk tetap nyaman berinvestasi di Babel,” tukasnya.

(Humas - Budi Setyo)

© 2018 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. All Rights Reserved.