DPRD Babel Dorong Swasembada Ternak

08

September 2020

DPRD Babel Dorong Swasembada Ternak

Jakarta - Dilatar belakangi keinginan agar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung swasembada di bidang peternakan, DPRD Babel menginisiasi untuk membentuk Raperda Tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, hal tersebut diutarakan oleh Ketua Pansus Raperda Tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Arianto, SH., MH. di Kantor Kementrian Dalam Negeri (8/9/2020).
 
Raperda yang berisi 9 bab dan 74 pasal ini diproyeksikan menjadi payung hukum dalam penyelenggaraan peternakan dan kesehatan hewan yang meliputi sistem informasi dan perencanaan peternakan dan kesehatan hewan, pengelolaan peternakan, kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan, otoritas veteriner, usaha pencapaian swasembada ternak dan pembiayaan.
 
"Payung hukum ini dibuat agar peternak maupun investor merasa terlindungi, dan kami merasa perlu untuk berkoordinasi ke Kementrian Dalam Negeri agar tidak terjadi tumpang tindih terkait regulasi," tambahnya.
 
Adet, SH., MH. menambahkan tujuan kami berkeinginan swasembada dibidang peternakan dikarena selama ini, terutama hari besar keagamaan permintaan melonjak yang mengharuskan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengimpor dari daerah lain untuk mencukup kuota, khususnya kuota daging sapi.
 
Sementara itu, Direktur Produk Hukum Daerah Kementrian Dalam Negeri, Drs Makmur Marbun, M.Si mengharapkan adanya sinergitas dengan Kabupaten/Kota dan Dinas Terkait untuk mengantisipasi wabah penyakit hewan ternak, dan kesiapan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait dengan lembaga yang menangani masalah peternakan kesehatan hewan.
 
"Kami juga akan berkoordinasi dengan Kementrian lain berkaitan dengan regulasi agar tidak terjadi tumpang tindih aturan," jelasnya. (Budi Setyo, Pranata Humas. Publikasi Setwan 2020)
© 2018 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. All Rights Reserved.